Jakarta

Pages

09 June 2011

SEKILAS POHON JABON


Kayu jabon (Anthocephalus cadamba) lebih bagus daripada kayu lainnya, tekstur lebih halus, bentuknya silinder lurus, berwarna putih kekuningan dan tidak berserat, batang mudah dikupas, lebih mudah dikeringkan atapun direkatkan dan tidak cacat, Arah serat terpadu, permukaan kayu mengkilap, kayu jabon juga sudah terbukti keawetannya atau daya tahannya.
Keutamaan dan keunggulan tanamanan Jabon dari beberapa sisi diantaranya adalah:
1. Diameter batang dapat tumbuh berkisar 10 cm/th;
2. Masa produksi jabon yang singkat, dapat dipanen pada umur 4-6 tahun;
3. Berbatang silinder dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus;
4. Tidak memerlukan penangkasan karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok dengan sendirinya, sehingga batangnya bisa tumbuh dengan bebas dan tinggi.
5. Ia dapat tumbuh di tanah liat, tanah lempung podsolik cokelat, atau tanah berbatu. Sejauh ini Jabon bebas serangan hama dan penyakit, termasuk karat tumor yang kini banyak menyerang sengon.

Jenis kayu yang berwarna putih agak kekuningan dan tanpa terlihat seratnya, maka kayu jabon sangat dibutuhkan oleh industry kayu lapis (plywood), Industry meubel, Pulp, Produsen peti buah, Mainan anak-anak, Korek api, Sumpit, Palet, Alas sepatu, Papan, Tripleks. Hal ini yang menyebabkan pemasaran kayu Jabon sama sekali tidak mengalami kesulitan.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More